Advokasi Riau bebas asap, Kementerian Lingkungan Hidup BEM UR datangi pemerintah kota Dumai.

Dumai-Jumat (11/3) Kementerian Lingkungan Hidup (Kemenlingdup) BEM UR Kabinet Sejuta Karya melakukan kunjungan ke pemerintah kota Dumai sehubungan dengan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa titik di wilayah administratif kota Dumai.

Kunjungan pengurus BEM UR yang bertujuan untuk sharing dan diskusi ini disambut baik oleh asisten 1 walikota, pak Darmawan. “kami sangat menyambut baik kedatangan adik-adik dari BEM UR ini, tentu saja kami sangat senang kalau ada mahasiswa yang sharing dengan kami, namun sayangnya bapak wali kota tidak berada di tempat.” Ujarnya.

Pada diskusi hangat dan sesekali diselingi canda tawa ini, pak Darmawan menjelaskan “bahwa karhutla di wilayah Dumai sebenarnya banyak berasal dari lahan milik orang luar Dumai yang memiliki kebun sawit di kota ini, untuk saat sekarang ini kami masih melakukan pembuatan kolam penampungan air di beberapa titik yang rawan terbakar.”ucapnya.

Beliau juga memilih no coment saat Wanda selaku koordinator kunjungan meminta tanggapan beliau terkait amarah pangdam pada bawahannya akibat karhutla.

“selama ini kita lebih sering melakukan kajian yang kemudian kita sambung dengan aksi, saat kunjungan pun kita lebih sering jadi peminta data dan informasi, namun untuk saat ini, saya rasa kita harus berada di posisi yang berbeda dan memberikan masukan dengan cara yang lebih persuasif,dengan memberikan beberapa masukan dan pengingat pada beliau, salah satunya adalah penegakan hukum yang tidak bersifat kekeluargaan seperti tebang pilih. Karena penegakan hukum yang tebang pilih dan pembiaran terhadap kejahatan asap adalah musuh kami. selain membahas kebakaran hutan dan lahan, kita juga membahas program kemenlindup ke depan, salah satunya penghijauan pesisir yang akan dilakukan pada tanggal 22-23 Maret di kota Dumai, malahan kami juga diminta melakukan kegiatan yang senada saat ulang tahun kota Dumai April depan dan saya berharap dengan kunjungan ini dapat menjalin hubungan yang baik dan berkelanjutan dalam mengatasi permasalah Karhutla kedepannya.”Tutur Wanda Syahrian selaku kordinator kunjungan.

Kunjungan ini di akhiri dengan foto bersama antara Kemenlingdup BEM UR dengan asisten 1 wali kota Dumai.

Kemkominfo – Irfhan Sanova