Beri Kado Untuk Wali Kota, 3 Aktivis BEM UR Ditahan

Senin (22/05/17) – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau pada pagi menjelang siang tadi melakukan aksi pemberian piagam 7 tuntutan rakyat dan sebuah alqur’an sebagai kado kepada Walikota Pekanbaru terpilih, Firdaus, ST, MT dan Ayat Cahyadi. Aksi ini berlangsung di kantor DPRD Kota Pekanbaru saat pidato politik pertama Walikota Pekanbaru dalam agenda rapat Paripurna yang diselenggarakan oleh DPRD Kota Pekanbaru.

Dalam aksi ini, BEM Universitas Riau diwakili oleh Akbar Anggriawans selaku Menteri Sosial dan Politik, Gagas Prakarsa selaku Menteri Dalam Universitas dan Muhammad Zuhri selaku staff BEM Universitas Riau.

” Piagam yang kami berikan kepada Bapak Walikota berisi tuntutan rakyat yang harus didengarkan oleh Bapak Walikota,” ujar Akbar.

Tujuh tuntutan rakyat tersebut adalah :
1. Tegakan Pekanbaru sebagai kota madani yang telah lama dicita-citakan rakyat Kota Pekanbaru
2. Tutup seluruh kegiatan prostitusi di Pekanbaru yg merendahkan Kota Pekanbaru
3. Hapuskan ekonomi kapitalis dengan menegakan ekonomi kerakyatan
4. Kembalikan marwah Kota Pekanbaru sebagai kota yang bersih dari tumpukan sampah yang belum terealisasikan
5. Tuntaskan pembangunan infrastruktur Kota Pekanbaru
6. Tuntaskan segala kejahatan seksual pada perempuan dan anak di Kota Pekanbaru
7. Perhatikan pendidikan anak-anak jalanan di Kota Pekanbaru

Namun, sangat disayangkan belum usai memberikan piagam 7 tuntutan rakyat ini, mahasiswa sudah diamankan oleh pihak kepolisian yang berjaga-jaga di ruangan tersebut. Ketiga aktivis BEM UR tersebut diamankan dan diintrogasi di Polsek Kota Pekanbaru, jalan Sudirman. Akbar Anggriawan mengakui bahwa dirinya sempat dipukul di bagian kepala oleh oknum tertentu yang belum jelas siapa pelakunya.

Hingga siang hari pukul 14.30 WIB, setelah membuat pernyataan di Polsek Kota Pekanbaru, Akbar dan kawan-kawan akhirnya dibebaskan.

” Harapan kami, supaya segala permasalah Pekanbaru yang sudah kami rangkum dalam piagam tuntutan rakyat Kota Pekanbaru dapat terselesaikan dan dituntaskan. Harapan kita semua juga Pekanbaru harus jadi kota madani dan kota percontohan oleh kota kota lain di Riau”, tutup Akbar.

_____________________________________
Baca berita lainnya di :
http://www.riaubook.com/berita/32363/aktivis-bem-unri-diamankan-polisi-gara-gara-aksi-pemberian-piagam-dan-alquran-untuk-firdaus-st-mt

http://www.riaubook.com/berita/32377/ini-dia-isi-penyataan-sikap-bem-unri-terkait-aksi-pemberian-alquran-untuk-firdaus-st-mt

http://m.riauterkini.com/isi.php?arr=122422&judul=Hampiri-Wako-Saat-Pidato-di-Paripurna–Tiga-Mahasiswa-Diamankan