[PERNYATAAN SIKAP] [BEM SELURUH INDONESIA WILAYAH SUMATERA]

“Pengkhianatan Hak Berdemokrasi”

Hidup Mahasiswa ! Hidup Rakyat Indonesia !

Negara menjamin kebebasan berpendapat warga negara disetiap bait konstitusinya. Dalam UUD 1945 tersusun rapi pasal – pasal yang memuat kebebasan berkumpul dan mengeluarkan pendapat. Tapi hari ini kita melihat kebebasan itu sudah dikhianati oleh penguasa negeri, suara kebenaran tidak lagi didengar, kritik dihantam, penyampaian aspirasi dimusnahkan, para pejuang kebenaran dianiaya seperti binatang.

Belakangan demonstran kebenaran dibungkam dengan kekerasan, dan baru saja tgl 13 April 2016 duka demokrasi itu terjadi lagi, para aktivis Mahasiswa Riau yang menyuarakan kegelisahan dan aspirasi rakyat dihantam dan dianiaya oleh oknum pemerintahan Provinsi Riau, hal tersebut terjadi ketika mahasiswa sedang melakukan aksi yg mengangkat isu korupsi, karhutla, dan perusahaan asing yang menggerogoti kekayaan Riau. Dan pada tanggal 14 April 2016 Mahasiswa Riau yang melakukan penyikapan terhadap tindakan represif pemerintah justru dipukul lagi, salah satunya Presiden Mahasiswa Universitas Riau dan beberapa aktivis yang lainnya.

Berangkat dari Kegelisahan ini, kami BEM Seluruh Indonesia wilayah sumatera MENUNTUT :
1. Plt. Gubernur Riau harus meminta maaf kepada seluruh mahasiswa terkait tindakan represif yang sudah dilakukan oknum pemerintahannya.
2. Pemecatan terhadap oknum pemerintahan yang telah melakukan tindakan kekerasan terhadap aktivis mahasiswa Riau.
3. Menjamin hak mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi terkait permasalahan bangsa, baik yang terjadi di daerah maupun nasional. “Gelisahlah bila suara dan gerakan kebenaran tengah dibungkam, ketika penguasa mencincang – cincang barisan kita dengan memecah belah, maka solid dan bergeraklah, karena rezim tirani sudah hidup lagi !!!”
========================
Dan kamipun mengajak seluruh elemen bangsa turut serta dalam aksi SMS serentak Plt. Gubernur Riau.

Format SMS :
“Kepada Yth. Gubernur Riau,
PECAT KABIRO HUMAS, PECAT KASATPOL PP, DAN PECAT OKNUM PROTOKOLER PEMPROV RIAU YANG MENGANIAYA MAHASISWA.”
(Kirim ke : 0811171792 atau 0811769355)

 

Ttd
Koordinator BEM SI Sumbagut dan Sumbagsel
ANDRES PRANSISKA dan KHAIRUNNAS